Siapa yang Mencuci Piring?

Sudah beberapa minggu belakangan ini kami sekeluarga (tepatnya: saya) boleh berlega hati dengan adanya bibi yang membantu tugas-tugas domestik.  Yang paling penting buat saya dan suami, kami tidak perlu lagi membuat jadwal piket menjaga si kecil di rumah.  Atau pusing mencari pengganti giliran piket kalo mendadak ada kegiatan kantor yang tidak terjadwal.  Kehebohan pagi hari juga sudah jauh berkurang, karena beberapa tugas yang statusnya harus ‘solved’ sebelum berangkat kantor bisa didelegasikan pada bibi.  Sepulang kerja, pena, kertas dan komputer tidak lagi segera berganti menjadi sodet, panci dan kompor.

 

Begitu juga hari ini.  Setelah makan malam dengan menu sup ikan patin dan sambal bajak berpindah tempat ke perut, saya mengumpulkan piring dan gelas kotor ke tempat cuci piring.  Sesudah mencuci tangan saya tercenung sebentar, biasanya saat ini saya segera mencuci piring dan peralatan dapur lain agar besok pagi bisa mengerjakan tugas lainnya.  Tapi sekarang seolah semua urusan domestik mendadak menjadi tugas bibi, sehingga refleks yang biasanya saya miliki menjadi sebuah keraguan.  Lalu, kenapa saya harus berhenti sampai mencuci tangan saja dan menyerahkan tugas yang bisa saya kerjakan kepada kemanjaan.  Bukankah saya mempunyai kesempatan dan tidak sedang udzur?  Baiklah, pada saat mencuci piring hati saya bertanya-tanya.  Apakah saat ini saya sedang membantu bibi atau selama ini bibi yang membantu saya?  Sehingga kepada si sulungpun saya tidak lagi merasa perlu mengingatkannya untuk selalu membereskan tempat tidur atau mencuci piring sendiri sesudah makan.  Jangan-jangan si sulung juga merasakan hal yang sama,”Kok Ibu tidak pernah lagi nyuruh aku cuci piring ya?”.  Mungkin kemudian si sulung menjadi senang bin lega, yang kemudian saya jadikan introspeksi,”Nak, jangan senang dulu, mulai besok Ibu akan kembali mengingatkanmu dengan tugas-tugasmu itu”.

Leave a Reply

