Kontemplasi

Sudah hampir 2 bulan  tahun ajaran berlangsung, saya masih juga meraba-raba dan belum juga menemukan ide riset yang pas dengan situasi dan kondisi.  Kemarin-kemarin masih kepikiran ngulik tentang LTBI (Latent Tuberculosis Infection), tapi kok ya tidak lolos seleksi dana hibah.  Secara, riset molekuler perlu dana besar dan memaksa kita merogoh kocek dalam-dalam kalau tidak ada yang memberi hibah.  Mau banting setir melanjutkan track riset jaman tesis dulu, hhfff… tapi kok ya tidak terlalu sesuai dengan pohon penelitian yang dibeber di kampus.  Artinya, kalo ngotot mendalami riset yang lalu, mesti siap-siap cari sponsorship.  Ditengah kebingungan, ujug-ujug ada tawaran riset lain, potensial dibiayai alias gratis, tapi mesti belajar lagi nyaris dari awal.  Selain materinya yang sejak jaman kuliah S1 tidak terlalu saya sukai, aplikasi teknologinya juga sudah sangat maju.  “Can I?” Tentu saja itu pertanyaan pertama yang mengusik sekaligus menggoda.  Mengusik karena merasa tidak menguasai materi, sekaligus menggoda rasa ingin tahu untuk belajar dan belajar terus.

Masih belum mampu memutuskan akan fokus pada topik yang mana, saya melakukan kontemplasi.  Enam tahun yang lalu saya merasa ditakdirkan berada di rimba belantara yang bernama ‘Anatomi’.  Hanya petunjuk dan kompas dariNya saja yang membuat saya bisa survive berada di sini.  Dan dua tahun kemudian saya kembali diuji antara keinginan dan kepasrahan, karena pada saat kita begitu mendambakan sesuatu, saat itu pula ujian menjadi terasa lebih berat.  Mungkin juga seperti saat ini, Sang Penguji kembali memberikan ‘soal’ pada saya untuk menilai bagaimana saya menyandarkan diri padaNya, dan bagaimana saya meyakini bahwa tidak akan kaki ini melangkah tanpa ijinNya.

2 thoughts on “Kontemplasi

Leave a Reply

