Hari Ibu (Rumah Tangga)

Menyenangkan sekali menghabiskan waktu seharian kemarin sebagai ibu rumah tangga.  Mulai dari mengantar anak sekolah, bersih-bersih rumah, mencuci baju, mencuci piring, belanja, memasak, menyeterika, sampai menjemput anak kembali ke basecamp di rumah.

Saya mulai menghitung waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan semuanya.  Dimulai dari kegiatan pagi bersama anak-anak.  Memandikan dan menyiapkan si kecil berangkat sekolah sekalian menyuapi makan perlu waktu 1 jam.  Mengantar anak tidak sampai 30 menit pulang pergi, kemudian mampir berbelanja selama 30 menit sekalian ngantrinya (plus sedikit nyerobot, hehehe).  Sampai di rumah, mulai mencuci dan memasak.  Mencuci dengan mesin cuci bisa disambi dengan memasak beserta persiapannya.  Total waktu yang diperlukan adalah 1,5 jam yaitu untuk memasak nasi, sambel goreng manisah dengan tempe dan bakwan teri nasi sekalian menyelesaikan cucian yang sudah menumpuk selama 5 hari.  Dilanjutkan 30 menit menjemur pakaian.  Kegiatan berikutnya adalah bersih-bersih rumah.  Beres-beres kamar dan perabotan, nyapu plus ngepel hanya perlu 1 jam untuk lantai bawah seluas kurang lebih 80 m2.  Karena cuaca cukup terik dan berangin, jemuran sudah kering sebelum matahari tepat diatas kepala.  Melipat pakaian dan menyeterika (pakaian tertentu saja, soalnya saya paling males untuk pekerjaan satu ini) cukup 1,5 jam.  Itu sudah termasuk memasukkan ke lemarinya masing-masing.  Hmm… finish, sekarang bisa leha-leha sebelum menjemput anak sekolah.

Baiklah, mari kita jumlah waktu yang sudah saya gunakan sebelum boleh berleha-leha.  Ternyata saya perlu 6,5 jam untuk menyelesaikan semuanya.  Kalau semua kegiatan dimulai pukul 4.30 dan diakhiri dengan mengangkat jemuran dan menyeterika pada pukul 12.30, faktanya saya punya waktu 1,5 jam diantaranya untuk melakukan kegiatan lain sepeti networkingchatting– dan download beberapa lagu favorit dari internet.  Setelah pukul 12.30 pun saya masih punya banyak pilihan kegiatan sebelum menjemput anak-anak pada pukul 15.30.  Seperti tidur siang atau pergi ke salon untuk perawatan tubuh misalnya… hehehe… dua kemewahan buat saya.  Atau untuk orang lain mungkin melakukan hobi, seperti mencoba resep baru, menulis, dan berkebun.  Intinya “waktu untuk diri sendiri”.

Pekerjaan rumah tangga yang dilakukan pada sore dan malam hari hanya menyuapi si kecil, menyiapkan makan malam (hanya menghangatkan masakan yang saya masak di pagi harinya), dan mencuci piring.  Semua selesai dalam waktu tidak lebih dari 2 jam.  Hari pun ditutup dengan pembicaraan ringan tentang aktifitas masing-masing anggota keluarga pada hari itu kemudian membaca cerita pendek untuk anak-anak menjelang tidur.

Ternyata menjadi ibu rumah tangga itu sangat menyenangkan.  Rumah rapi terurus dan tidak perlu merasa kehabisan energi saat tiba di rumah dan berinteraksi dengan keluarga, terutama anak-anak.  Padahal tidak semua item aktifitas diatas perlu dilakukan setiap hari.  Misalnya mencuci yang hanya saya lakukan dua kali sepekan.  Artinya ada tambahan waktu luang pada “hari tanpa mencuci”.  Walaupun mungkin waktu tersebut akan digunakan untuk item pekerjaan lain yang belum disebutkan diatas.  Nguras kamar mandi misalnya, hehehe…

Hmm… heran juga kalau mendengar ada yang bosan menjadi ibu rumah tangga, sementara saya ingin punya banyak waktu luang untuk mengurus rumah dan keluarga.  Padahal kalau kita perhatikan, Allah sudah berfirman dalam surat Al-Ahqaaf ayat 19.  Sebuah peringatan untuk saya agar pandai bersyukur.

(QS. Al-Ahqaaf:19) Dan bagi masing-masing mereka derajat menurut apa yang telah mereka kerjakan dan agar Allah mencukupkan bagi mereka (balasan) pekerjaan-pekerjaan mereka sedang mereka tiada dirugikan.
Advertisements

2 thoughts on “Hari Ibu (Rumah Tangga)

  1. “….saya ingin punya banyak waktu luang untuk mengurus rumah dan keluarga..”. Itu karena dikau yang merasakan. Yang merasa sebagai IRT full timer tanpa sidejob apapun (bisnis onlen punndak), mungkin (sekali lagi mungkin lho yo)…memang ada titik jenuh… 😀
    Rumput tetangga selalu lebih hijau….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s