Sebuah Jalan Pilihan

Pagi ini aku mengantar si kecil ke sekolah, melewati pematang sawah yang licin karena diguyur hujan semalaman.  Sebetulnya ada jalan yang lebih nyaman dan aman tapi harus memutar agak jauh.  So, jalan sempit, licin, yang dibatasi sawah dan sungai ini adalah jalan pintas ke sekolah.  Seperti hidup, untuk mencapai sebuah tujuan kita mempunyai jalan pilihan, kadang dua kadang lebih.  Jalan yang sulit, berat, dan penuh rintangan disediakan untuk akhir yang indah, sedangkan jalan yang mudah dan melenggang serta penuh hiasan dunia untuk akhir yang menyusahkan.  Seperti di dalam firman Allah SWT:

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (QS Al Baqarah: 214)

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar. (QS Al Imran:142).

Tergambar jelas bahwa kesulitan dan kesengsaraan adalah ujian menuju surga.  Tapi perjuangan dan sabar adalah penguat bagi orang-orang yang yakin bahwa pertolongan Allah adalah dekat.

Advertisements

One thought on “Sebuah Jalan Pilihan

  1. Surga itu harganya memang muahal sekali. Sementara orang mukmin terpenjara di dunia yg penuh tipu daya ini. Qada dan qadar telah tertulis di Lauh Mahfuz, jadi buat apa berkeluh kesah/terlalu gembira dgn segala kesusahan/kesenangan yg sudah ditimpakan ke kita olehNya? Surga, imbalan setara bagi orang2 yang sabar 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s