Lima Peraturan yang Sering Saya Langgar (Bagian 1)

Mulai dari postingan ini sampai 4 berikutnya saya akan berbagi pengalaman dalam hal melanggar peraturan buatan manusia. Gak penting banget ya, dan agak-agak membuka aib (hehe…). Tapi khusus untuk peraturan buatan manusia ini, selama tidak merugikan orang lain saya merasa tidak ada sanksi yang bisa mengikat saya. Beberapa aturan manusia berikut bahkan tidak menyertakan sanksi kalau kita melanggarnya. Berikut aturan pertama yang sering saya langgar:

1. Memakai batik pada hari Kamis dan Jum’at.
Institusi tempat saya bekerja mengatur staf dan karyawan memakai batik pada hari Kamis dan Jum’at. Bukannya saya tidak suka berbatikria, tapi kalau bukan karena kepepet ada rapat dengan pimpinan (catat: bukan carmuk, tapi berhati-hati… hahaha) atau mood memakai batik sedang baik, saya lebih memilih memakai baju bermotif lain atau polos. Suasana hati memang tidak bisa diduga, karena bisa saja saya memakai batik di luar hari-hari tersebut. Toh dengan tidak memakai batik, saya tidak merugikan orang lain… hehehe…

Sejak dulu saya termasuk paling sering bermasalah dengan pakaian, tepatnya ‘seragam’. Pernah sangat benci dengan seragam sampai-sampai di jaman SMP saya mengganti kancing seragam dengan kancing warna-warni agar tidak ‘seragam’ tanpa ada konsekuensi dipanggil guru BP karena kriteria seragam tidak meliputi kancing baju.  Atau beberapa kali sepatu kets putih saya disita guru BP karena melanggar aturan sekolah yang mengharuskan bersepatu hitam. Saya lupa, apakah akhirnya saya memohon-mohon guru BP agar bisa memakai kembali sepatu putih itu, atau harus pulang tanpa alas kaki. Hal lainnya adalah melipat lengan baju seragam dan memanjangkan ‘sebagian’ rambut. Tidak heran karena alasan ini saya menjadi incaran guru BP atau guru olahraga (semoga artikel ini tidak dibaca anak saya… hehehe).

Leave a Reply

