Lima Peraturan yang Sering Saya Langgar (Bagian 2)

2.  Tidak mengikuti kegiatan karena sakit atau ijin.

Saya beberapa kali (kalau tidak mau dikatakan sering) membolos upacara, baik membolos massal (dengan teman se-gank) maupun perorangan.  Sebagai pegawai pemerintah, ada aturan mengikuti upacara pada hari-hari tertentu.  Beberapa kali saya terlewat mengikuti upacara karena lupa dan beberapa kali karena sengaja.  Sengajanya ini karena ada hal lain yang lebih prioritas tetapi tidak akan bisa diterima oleh atasan saya, seperti mengantar anak sekolah atau masih sibuk menjemur baju.  Sekarang agak lega juga karena pada masa tugas belajar ini tidak dibebani aturan tersebut.

Rupanya hal bolos-membolos inipun merupakan sekuel dari jaman SMP (pertamakali belajar bolos… oh no!).  Kalau bosan dengan pelajaran tertentu, kadang-kadang saya menyelinap ke UKS dan memasang wajah kuyu agar diijinkan beristirahat di bed UKS.  Saya pikir daripada tetap di kelas sambil menunduk pura-pura serius membaca buku teks padahal baca Kho Ping Ho, lebih baik memanfaatkan waktu untuk leyeh-leyeh di UKS.  Padahal tidak ada yang lebih baik dari keduanya… hehehe… Perihal membolos ini terbawa hingga SMA.  Tapi kali ini asal muasalnya — biasanya — karena terlambat masuk sekolah.  Pada saat kelas I saya kebagian masuk siang.  Betapa tidak enaknya masuk siang itu.  Di kala orang lain sedang istirahat tidur siang, siswa-siswa ini harus berkonsentrasi menyimak pelajaran.  Agar tidak mengantuk, biasanya saya tidur dulu sebelum berangkat sekolah, dengan konsekuensi terlambat masuk kalau tidurnya kejablasan.  Kalau kebetulan jam pertama diisi guru yang suka menghukum siswa yang terlambat, maka lebih baik jam guru tersebut saya lewatkan di — lagi-lagi — UKS… hehehe…

One thought on “Lima Peraturan yang Sering Saya Langgar (Bagian 2)

Leave a Reply

