Lima Peraturan yang Sering Saya Langgar (Bagian 4)

4.  Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan”.

Walaupun sudah sampai mana-mana, SIM saya ternyata sudah berakhir masa berlakunya sejak 18 Maret 2008 yang lalu.  Kalau menurut peraturan, seharusnya saya kena denda 2 juta rupiah karena tiap ketahuan tidak punya SIM.  Di peraturan lama tahun 1992 yang tercantum di halaman belakang mantan SIM saya seharusnya malah didenda 6 juta.  Padahal saya tidak merugikan siapapun dengan tidak punya SIM loh… Coba bayangkan, sudah berapa rupiah yang saya hemat tiap mengendarai kendaraan bermotor…  hehehe 😀

Gambar SIM-ku yang sudah kadaluarsa sejak 18/3/2008.. hehe

Gambar bagian belakang SIM-ku, aturan dan sanksinya udah ada, tapi mungkin tidak banyak dari kita yang membaca aturan ini.

Leave a Reply

