Lima Peraturan yang Sering Saya Langgar (Bagian 5)

5. Rambu dilarang masuk

Ini dia bagian terakhir dari empat postingan terdahulu.  Ternyata perlu perenungan yang cukup lama dan dalam untuk mendapatkan ‘kesalahan’ kelima ini.  Mungkin peringatan agar lebih sering introspeksi diri.  Atau karena pepatah, kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak… hehehe

Sebelum diputuskan, saya harus memilih satu dari dua pelanggaran yang berhasil diidentifikasi.  Pertama, tidak menunjukkan tanda pengenal pada saat melewati pos parkir di kampus tempat saya bekerja atau kedua, kebiasaan masuk lewat pintu keluar dan keluar lewat pintu masuk.  Akhirnya pilihan jatuh pada pelanggaran kedua dengan pertimbangan aturannya lebih jelas.  Secara saya belum pernah tahu persis apakah ada peraturan hitam di atas putih yang menyatakan bahwa staf/karyawan yang keluar lingkungan kampus harus menunjukkan tanda pengenal selain gara-gara mendapat hadiah pelototan atau omelan dari penjaga pos keluar kampus saat keluar kampus tanpa menunjukkan tanda pengenal tersebut.

Masuk lewat pintu keluar dan keluar lewat pintu masuk, kelihatan memang sepele, tapi tetap saja disebut sebuah pelanggaran kalau aturannya sudah ada.  Biasanya diatur oleh rambu atau tulisan.  Pada saat mengisi bensin, saya sering tidak menghiraukan aturan sirkulasi kendaraan.  Demikian juga di fakultas tempat saya bekerja yang memisahkan jalan masuk dengan keluar.  Seperti saat melanggar larangan ‘U turn’, alasan saya sama, yaitu untuk mempersingkat jarak tempuh ke suatu tempat.  Mungkin kalau semakin banyak orang yang melanggar seperti saya, sudah saatnya aturannya diubah… hehehe

Leave a Reply

