Apa Yang Menyebabkan Orang Jadi Histeris?

Pagi ini seorang teman mengadu pada saya. Pagi-pagi sudah berteriak histeris gara-gara melihat tikus di ruang kerjanya. Karena saya juga pernah histeris gara-gara tikus, akhirnya tergelitik membuat tulisan ini.

(“Wooii, tanggung jawab lu Fiiit, bikin kerjaanku gak selesai!”)

***

Histeris, menurut KBBI adalah ‘disambut dengan teriakan’. Contohnya, teman saya kaget dan menyambut si tikus dengan teriakan. Biasanya penyambutan kan dengan tari-tarian atau karangan bunga ya? Sedangkan menurut kamus bahasa Inggris histeris adalah ‘tingkah laku yang menunjukkan emosi berlebihan yang tidak terkontrol yang disebabkan oleh rasa takut atau panik’.  Arti lainnya berhubungan dengan penyakit jiwa dan tidak termasuk yang akan kita bahas disini.
Selain itu, yang saya tahu histeris berasal dari bahasa yunani/latin yaitu hysteric/uterus atau rahim. Sehingga biasanya perempuanlah yang mengalami histeris karena rahim hanya dimiliki oleh perempuan. Dan faktanya jarang kita lihat ada laki-laki histeris.

Lalu, hal-hal apa saja sih yang mampu membuat seseorang menjadi histeris? Berikut ini beberapa hal yang kira-kira bisa memancing teriakan histeris:

1. Tikus. Mendadak melihat tikus seperti kasus teman saya umumnya mampu membuat perempuan berteriak histeris. Baik itu tikus mati maupun yang masih lincah lari-larian di sekitar kita. Sebetulnya si tikus juga kaget ketemu kita, dan mungkin kalau tikusnya betina dia juga histeris.

2. Kecoak. Ini berlaku untuk kecoak yang tiba-tiba terbang mendekati kita maupun yang tiba-tiba muncul atau lewat di dekat kita.

3. Ulat. Ulatnya sih anteng, sedang asyik ngemil daun.  Tapi yang melihat bisa teriak lalu lari terbirit-birit saat bertemu hewan ini.  Mungkin si ulil yang melihat peristiwa ini hanya bisa nyengir heran,”Kaki imut gini bagaimana bisa ngejar kamu rang?”.  (Red. rang=orang)

4. Belatung. Terutama belatung lincah yang melenting kesana kemari dengan badannya yang lentur karena rajin latihan senam lantai. Hiii!!!

5. Hantu. Mungkin wujudnya yang – konon – mengerikan bin menakutkan bisa menyebabkan orang yg melihatnya kaget sampai berteriak histeris. Lantas, bagaimana dengan hantu cantik semacam si Manis Jembatan Ancol, mbak Kunti yang ramah dan senang tertawa, atau Casper si hantu lucu? Ada yang punya pengalaman?

6. Maling/rampok. Papasan dengan mereka ini bisa memancing teriakan ala “Home Alone”-nya Macauly Culkin.

7. Eksibisionis. Teriakan korban inilah yang memang diharapkan dan membawa kepuasan bagi seorang eksibisionis. Makanya, kalau ketemu mereka, pura-pura tenang, terus kasih komentar sadis tentang ‘miliknya’. Misalnya,”Iih, kok jelek sih, kayak uler kena lepra,” atau ,”Itu ulekan bayi kok dibawa kemana-mana ya?”. Teriaknya ditunda nanti saja kalau sudah jauh dari mereka.

Selain histeris yang dipicu oleh hal-hal yang tidak mengenakkan, ternyata histeris juga dapat ditimbulkan oleh hal yang menyenangkan, yaitu:

8. Idola. Rasa senang yang berlebihan juga dapat menyebabkan histeris. Hal ini disebabkan karena dihasilkannya neurotransmitter dopamine yang terlibat dalam proses kesenangan dan kecanduan. Dopamin yang dilepaskan secara berlebihan dapat memicu teriakan sampai dengan tangis histeris.

Nah, itu tadi beberapa hal penyebab histeris. Kalau ada penyebab lain silahkan di-share 🙂

Ternyata kucing juga bisa histeris,"AAAAAaaaargh..!!!"
Ternyata kucing juga bisa histeris,”AAAAAaaaargh..!!!”
Advertisements

2 thoughts on “Apa Yang Menyebabkan Orang Jadi Histeris?

  1. Pernah papasan ama tikus di pojokan, eh tikusnya sama kagetnya dan kita berdua loncat sama tingginya….jangan2 si tikus nulis juga di blognya, ketemu manusia bikin histeris….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s