Menulis Itu Susah

idea_aucegypt_edu_pic
Ideas, come to me… 😦

Dua tahun yang lalu saya pernah menulis tentang ‘menulis’ di blog ini. Saya baca lagi tulisan itu untuk memastikan bahwa saya masih ada di jalur yang ‘benar’. Bahwa saat ini saya mencintai hal-hal yang ingin saya tuliskan. Untuk konsumsi kalangan ilmiah tentu. Karena seperti yang pernah saya sampaikan, menulis itu harus dengan hati.

Iya, saat ini pun saya menulis dengan hati. Tapi betapa banyaknya batasan-batasan yang saya jumpai. Saya cenderung menyederhanakan segala sesuatu. Yang 4 menjadi 2, dan yang 2 cukup satu saja. Dan ini, ide di otak saya ada 1 atau 2, diminta memaparkan menjadi 6 bagian. Aarggh, betapa bertele-telenya.  Kelihatannya harus merubah pola pikir, dari ‘menjelaskan fakta‘ sekarang jadi ‘menjelaskan ide‘.  Yang menurut hemat saya, ide itu ya dijalankan, bukan dijelaskan (praktisi.com).

Yah, sudahlah. Mungkin memang seperti itu seharusnya. Saya harus menjelajah kembali ke alas pyramid saat sudah setengah jalan hampir di atas. Jadi, sekarang maupun dua tahun yang lalu, menulis tetap susah 🙂

(Pic was copied from http://culturetransmit.com/wp-content/uploads/2013/05/idea_aucegypt_edu_pic.jpeg)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s