Menulis Itu Susah

idea_aucegypt_edu_pic
Ideas, come to me… 😦

Dua tahun yang lalu saya pernah menulis tentang ‘menulis’ di blog ini. Saya baca lagi tulisan itu untuk memastikan bahwa saya masih ada di jalur yang ‘benar’. Bahwa saat ini saya mencintai hal-hal yang ingin saya tuliskan. Untuk konsumsi kalangan ilmiah tentu. Karena seperti yang pernah saya sampaikan, menulis itu harus dengan hati.

Iya, saat ini pun saya menulis dengan hati. Tapi betapa banyaknya batasan-batasan yang saya jumpai. Saya cenderung menyederhanakan segala sesuatu. Yang 4 menjadi 2, dan yang 2 cukup satu saja. Dan ini, ide di otak saya ada 1 atau 2, diminta memaparkan menjadi 6 bagian. Aarggh, betapa bertele-telenya.  Kelihatannya harus merubah pola pikir, dari ‘menjelaskan fakta‘ sekarang jadi ‘menjelaskan ide‘.  Yang menurut hemat saya, ide itu ya dijalankan, bukan dijelaskan (praktisi.com).

Yah, sudahlah. Mungkin memang seperti itu seharusnya. Saya harus menjelajah kembali ke alas pyramid saat sudah setengah jalan hampir di atas. Jadi, sekarang maupun dua tahun yang lalu, menulis tetap susah 🙂

(Pic was copied from http://culturetransmit.com/wp-content/uploads/2013/05/idea_aucegypt_edu_pic.jpeg)

Leave a Reply

