Beberapa Penyebab ‘Khilaf’ Saat Belanja

Melanjutkan tulisan sebelumnya, berikut beberapa hal yang menyebabkan belanja barang-barang ‘tak terduga’.

  1. Melihat-lihat. Ya, awalnya dari melihat, kemudian teringat kalau memang perlu atau hanya sekedar pengen punya.
  2. Punya kartu debet/kredit. Godaan terbesar adalah ‘perasaan punya uang’. Entah itu dengan didebet dari rekening atau hutang dengan kartu kredit. Untuk membatasi keinginan belanja ‘lain-lain’ mungkin perlu dibiasakan belanja pakai uang beneran (baca: cash).
  3. Mumpung ada waktu. Ini akibat manajemen waktu yang tidak rapi, hehehe… Awalnya merasa ada waktu, tau-tau sudah 3 jam ngider di toko itu.
  4. Pakai troli.  Ini memang salah satu strategi pengelola toko agar kita merasa ‘harus’ menambah barang belanjaan.  Troli besar yang kelihatan ‘kosong’ seolah memohon agar diisi.  Jadi, ambil saja keranjang atau wadah yang lebih kecil.  Dengan keranjang, tambahan barang akan membuat kita merasa berat dan enggan nambah belanjaan lagi.
  5. Parkirnya mahal, jadi rugi kalau belanjanya tidak sekalian banyak. Misalnya, ndak lucu aja kalau parkir 5.000 belanja hanya 1.000.  Kalau ini sih  lebih baik belanja di warung, bebas parkir.
  6. Ada diskon. Mungkin perlu menghindari berkunjung ke toko saat bulan-bulan penuh diskon. Kecuali memang harus belanja, dan mesti mentaati daftar belanja yang sudah dibuat.
  7. Tidak membawa catatan belanja. Sebetulnya ini kesalahan paling fatal saat belanja. Karena kita bisa lupa apa saja yang harus dibeli dan berakhir pada membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Kadang kekhilafan seperti ini baru disadari saat di depan kasir. Tapi tidak usah khawatir, di kasir, sebelum membayar kita masih bisa menyortir barang belanjaan kita kok. Beberapa barang yang sebelumnya kelihatan perlu, setelah disadari harus dibayar, jadi terasa tidak perlu lagi.

“Yang ini ndak jadi mbak/mas, saya khilaf.” Hehehe…

Troli kosong nan menggoda ;)
Troli kosong nan menggoda 😉
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s