Mumpung Masih Syawal

Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa berpuasa Ramadhan dan meneruskannya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, berarti dia telah berpuasa satu tahun.” (HR. Imam Muslim dan Abu Dawud). Dan masih hadits yang sama dengan perawi lain. (HR. Ibn Majah).

Dalam hadits tersebut diterangkan, bahwa pahala orang yang berpuasa Ramadhan dan enam hari di bulan Syawal sama pahala dengan puasa setahun. Karena apabila seorang muslim melakukan satu kebaikan maka baginya pahala kebaikan yang nilainya sama dengan sepuluh kali lipat amalnya (QS. Al-An’am:160).  Jika satu kebaikan dihitung sepuluh pahala, berarti puasa Ramadhan selama satu bulan dihitung sepuluh bulan.  Dan puasa enam hari di bulan Syawal dihitung dua bulan.  Jadi total jumlahnya adalah satu tahun.

shawwal2
Begitulah perhitungannya.

Sekarang terlepas dari hitung-menghitung pahala, kenapa ya –- berdasarkan pengalaman pribadi, bukan epribadi — melanjutkan puasa Ramadhan dengan berpuasa 6 hari di bulan Syawal pahalanya sama dengan puasa setahun?

Karena memang beraaat, apalagi kalau di Indonesia…

Tantangannya adalah:

  1. Undangan HBH yang beruntun. Tentunya dengan hidangan istimewa bulan Syawal yang bikin ngiler ituh (lontong tjap go meh, cateeet).
  2. Oleh-oleh camilan khas dari berbagai pelosok daerah yang bisa dicicipi setahun sekali gara-gara tradisi mudik.
  3. No.1 dan 2 semua GRATIS!
  4. Selain itu, sehubungan dengan tradisi mudik, hampir pasti muncul godaan untuk berwisata kuliner di tempat tujuan mudik maupun di sepanjang jalur mudik.
  5. Dan adalagi, banyak undangan walimatul ursy di bulan Syawal (entah kenapa).

Ada tambahan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s