Perilaku Spraying Pada Si Empus

Spraying adalah perilaku menyemprotkan urin pada tempat atau benda tertentu yang dilakukan oleh kucing.  Dan ini juga dilakukan oleh kucing betina, walaupun kebanyakan dilakukan oleh kucing jantan.  Bau urin ini tentu sangat mengganggu kenyamanan dan kedamaian hidup di dalam rumah.

Si empus sendiri melalukan ini untuk beberapa alasan, yaitu:

  1. Membuat tanda teritorial. Inilah konsekuensi logis mengajak spesies lain untuk tinggal bersama kita.  Mesti toleran dengan perilaku dia.  Karena si kucing sudah merasa rumah kita adalah tempat tinggalnya, maka dia tidak segan-segan memberi tanda.  Kalau manusia mengklaim sesuatu dengan SHM (sertifikat hak milik), kucing dengan urinnya.  Tapi tidak usah merasa terintimidasi oleh perilakunya sampai merasa perlu pindah rumah apalagi ikut-ikutan menandai rumah kita dengan urin.  Hehe…
  2. Menarik perhatian lawan jenis. Ini dilakukan terutama kalau kita memelihara kucing dengan beda gender.  Grooming dan sisiran tiap hari saja ternyata tidak cukup buat si kucing.  Kurang ganteng katanya.  Makanya dia merasa perlu promosi dengan menyemprotkan urin kemana-mana agar dikenali oleh lawan jenisnya.
  3. Menunjukkan rasa tidak nyaman. Misalnya saat dia merasa terancam kedaulatan dan kewenangannya.
  4. Menunjukkan rasa cemburu. Biasanya ini terjadi kalau dia bukan kucing satu-satunya di rumah kita.  Trus perhatian kita padanya jadi berkurang.  Yah, salah satu cara menarik perhatian juga.  Memang berhasil mendapatkan perhatian sih, bonus omelan dan pelototan.
  5. Penyakit. Ada kemungkinan kucing kita mengalami gangguan fisik yang belum terdiagnosis sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter hewan.
  6. Litter box-nya tidak terawat. Haha, ketauan kalau tuannya jorok, tidak rajin mengganti pasir di litter box sampai kucingnya protes dengan cara spraying dimana-mana.
Bukan kucing saya loh :(
Bukan kucing saya loh 😦

Nah, bagaimana cara mengatasinya?

  1. Perlu dikonsulkan dulu pada dokter hewan, siapa tahu penyebabnya adalah gangguan medis seperti abnormalitas pada saluran kencing, infeksi saluran kencing, atau gangguan ginjal seperti batu ginjal. Adanya batu ginjal dapat menyebabkan aliran urin membentuk spray dibandingkan aliran normal yang tanpa sumbatan.
  2. Pemandulkan/pengebirian. Pemandulan akan menurunkan kadar hormon yang memicu perilaku spraying walaupun tidak menghilangkan samasekali.
  3. Menjaga agar si kucing merasa nyaman.  Perasaan kucing juga mesti dijaga agar tidak stress dan selalu bahagia. *halaah*
  4. Menjaga kebersihan litter box. Kalau litter box bersih dan terawat si kucing merasa nyaman menggunakan litter box-nya dan tidak mengumbar urinnya kemana-mana. Kecuali kalau kucingnya juga jorok.  Kalau kita tidak mau repot mencuci pasir kucing, pakai saja bentonite yang dikemas menjadi pasir kucing sekali pakai.  Pasir ini akan menggumpalkan urin kucing dan membungkus pup agar tidak bau.  Lalu serok dan buang kotoran kucing setiap hari.  Kemudian ganti seluruh sisa pasirnya kurang lebih seminggu sekali.

Selain itu, kita juga mesti rajin membersihkan bagian benda atau dinding yang terkena urin walaupun kemungkinan besar si kucing akan kembali lagi menandai tempat tersebut.  Makan hati dan bikin capek memang.  Tapi inilah konsekuensinya, rebutan daerah kekuasaan dengan si empus (curcol).  Cara membersihkannya dengan melarutkan satu sendok serbuk baking soda di dalam air hangat, lalu gosokkan dengan bantuan lap ke tempat-tempat tersebut.  Kita mengenal baking soda ini sebagai soda kue, tapi jangan yang itu, belilah baking soda di toko bahan kimia.  Baking soda non-food ini harganya 4000-6000 rupiah per kilogram.  Baking soda alias natrium bikarbonat ini berfungsi menetralkan kristal urin pada tempat tersebut.

Selamat mencoba 🙂

(Pic was copied from http://catbehaviour.blogs.lincoln.ac.uk/files/2010/03/cat-spraying-on-bush-1-AMD1.jpg)

Advertisements

2 thoughts on “Perilaku Spraying Pada Si Empus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s