Tanggal 1

Bagi kebanyakan pegawai negeri sipil (PNS) seperti saya, apa yang terpikir tentang tanggal 1? Iya, tidak salah. Tanggal 1 identik dengan gajian. Saatnya terima uang, sama halnya dengan ingat waktunya bayar utang, hehe… *untung inget*

Tapi saya yakin tidak banyak yang tahu bahwa gaji PNS termasuk TNI dan Polri itu sebetulnya diberikan sebelum bekerja, bukan sebagai penghargaan atas apa yang sudah dikerjakannya. Seperti saya menerima gaji pertama di awal masa kepegawaian, kalau saya pensiun bulan Juni ini uang yang diterima pada bulan Juli bukan gaji lagi, melainkan uang pensiun.

Nominal gaji pun berdasarkan pangkat ruang/golongan, bukan mengacu pada beban kerjanya. Sebagai ilustrasi, gaji dosen golongan 3/B sama dengan gaji guru SD yang bergolongan sama. Tahu sendiri kan betapa berbedanya tingkat kesulitan kerja mereka *curcolnya bisa panjang nih* 😦

Tapi tulisan ini bukan untuk mempersoalkan nominal. Karena yang menarik, gaji bagi PNS adalah uang ‘modal’ hidup sebulan selama mereka mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh negara. Kalau demikian, lantas apa yang diterima PNS sebagai upah kerjanya? Kalau melihat kronologi pemberian gaji ya tidak ada (?). Mana ada belum kerja sudah dikasih uang 😀

Sehingga tidak heran bila KBBI mengartikan ‘abdi negara’ sebagai ‘pegawai yang bekerja pada pemerintah; pegawai negeri’ karena pekerjaannya yang bernilai pengabdian. Abdi itu sendiri adalah ‘orang bawahan; pelayan; hamba’. Sedangkan pengertian pengabdian yang saya dapatkan adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih, kasih sayang, hormat, atau satu ikatan dan semua itu dilakukan dengan ikhlas. Secara singkat yaitu tanggung jawab yang dilakukan dengan ikhlas. Kata kuncinya ‘ikhlas’.

Jadi ya, jerih payahnya biar Pangeran sing mbales 😉

Advertisements

2 thoughts on “Tanggal 1

  1. Wooo yg nerima gaji duluan aja komplain, lah eikeh kudu kerja dulu baru dibayar judulnya “mbatur”, mbatur sama pelayan bedane cuma awal dan akhir….behaha…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s